Sekilas Terlihat Seperti Hawai, Ternyata Semua Berada di Pulau Sumba Lho!

1. Danau Weekuri

Life Is An Absurd Journey
Sumba Barat Daya merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Timur dan terletak di Pulau Sumba. 

Kabupaten ini punya tempat- tempat yang indah untuk kalian kunjungi. Sebut saja salah satunya Danau Weekuri. 

Danau ini merupakan salah satu objek wisata paling unik di Pulau Sumba, karena tidak seperti danau-danau lainnya yang berair tawar, air Danau Weekuri terasa asin. 

Danau Weekuri terletak di Desa Kalenarongo, Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya.

Danau Weekuri ini menjadi primadona wisata di Sumba Barat Daya karena jarang sekali berjumpa dengan danau air asin dan suasana alam yang sangat indah mengelilingi danau ini. 

Danau ini pun juga tidak terlalu dalam. Sangat cocok untuk berenang. Suasananya masih sangat tenang dan asri. Masih jauh dari kata ramai. Pemandangan dari atas danau pun juga sangat cantik. Sangat cocok menjadi salah satu alternatif tujuan liburan kalian.

2. Pantai Walakiri

Wisata Indonesiana
Pantai Walakiri adalah salah satu pantai indah di Sumba Timur dengan ciri khas pantai di Sumba yang cenderung tenang, landai dengan hamparan pasir putihnya. 

Berada tak jauh dari pusat Kota Waingapu yaitu sekitar 24 km dan dapat ditempuh sekitar 30 menit perjalanan, akses menuju Walakiri sangatlah mudah yaitu berada tak jauh dari jalan raya menuju arah Melolo, sebuah kecamatan yang cukup besar di Sumba Timur. 

Pengunjung dapat menyewa motor/ mobil dari Waingapu untuk menuju ke Walakiri dikarenakan susahnya transportasi umum dalam kota di Sumba.

Walakiri memiliki mangrove yang unik dengan hamparan pasir putih dihiasi jajaran pohon kelapa yang memberi keteduhan dan suasana nyaman saat pengunjung berjalan menyusuri pantai. 

Keunikan lain dari Pantai Walakiri ini adalah terdapatnya 2 jenis tekstur pasir yang berbeda antara pasir di tepi pantai dan pasir di area bekas laut yang surut. 

Pasir di tepi pantai memiliki tekstur seperti pasir pantai pada umumnya, yaitu butiran-butiran berwarna putih gading, sedangkan pasir di area bekas laut yang surut memiliki tekstur seperti bedak atau semen basah yang kemudian kering dan mengeras.

Dan uniknya lagi ada garis batas yang jelas antara kedua jenis pasir tersebut.

3. Pantai Mandorak

Mata Kamera - blogger
Pantai Mandorak adalah sebuah pantai yang indah di Daerah Sumba. Pantai ini memiliki pasir putih bersih dan berkilau seperti mutiara. 

Karena keindahan yang dimilikinya, kalian akan betah untuk berlama-lama di pantai ini. Gelombang pantai yang sangat kuat merupakan salah satu ciri pantai di pesisir selatan Sumba. 

Gelombangnya cukup besar namun relatif aman, sehingga pantai ini juga terkenal bagi banyak peselancar internasional. 

Mereka memilih datang ke Pantai Mandorak karena ketenangannya terutama bila dibandingkan dengan pantai di Bali dan Lombok. 

4. Bukit Warinding

IndonesiaKaya.com
Tanah Sumba memang dianugerahi keindahan alam yang sangat berbeda dengan keindahan lainnya yang ada di Indonesia. Kondisi tofografi alamnya yang lebih didominasi oleh rangkaian pegunungan dan juga perbukitan kapur, menjadikan alam di tanah Sumba Timur yang unik dan juga eksotik ini berbeda dengan kabupaten lainnya di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Lanskap Bukit Wairinding yang begitu elok dan juga mempesona, membuat mata para pengunjung seperti tidak ingin berkedip dibuatnya. 

Hamparan padang savana yang terhampar sangat luas itu akan berwarna kuning ketika musim kemarau dan bahkan sebaliknya berwarna hijau ketika musim penghujan. 

Mengunjungi Bukit Wairinding ini di kedua musim tersebut pastinya memberikan kesan yang sangat berbeda. 

5. Laiwangi Manggameti National Park

National Parks in Indonesia
Taman Nasional Laiwangi Wanggameti adalah sebuah daerah perlindungan flora dan fauna di pulau Sumba, provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. 

Taman ini merupakan suatu perwakilan berbagai tipe hutan di pulau Sumba, termasuk "hutan elfin" yang jarang terdapat dan memiliki keanekaragaman jenis bernilai cukup tinggi terutama yang terdapat pada ketinggian 800 meter dari permukaan laut.

6. Pantai Puru Kambera

TripAdvisor
Pantai Puru Kambera adalah salah satu pantai yang menawarkan keindahan panorama alam dan tentunya akan memberikan kenangan yang tak terlupakan bagi kalian.

Pantai ini terletak di Desa Mondu, Kecamatan Haharu, Kabupaten Sumba Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Lokasinya berjarak sekitar 25 kilometer dari pusat kota Waingapu, ibukota Kabupaten Sumba Timur.

Di Pantai Puru Kambera, kalian akan disambut dengan hamparan pasir putih dengan air laut yang berwarna biru serta sejuknya angin laut. Keindahan Pantai Puru Kambera masih sangat alami dan bersih.

Di sepanjang bibir pantai membentang pula hamparan pohon cemara yang hijau nan rindang. Berteduh di bawahnya, disertai hembusan angin sepoi-sepoi dan pemandangan pantai merupakan kenikmatan tersendiri di pantai ini.

Ombak pantai ini juga relatif tenang dan tidak terlalu besar, sehingga selain berenang kalian juga bisa bersnorkeling. Waktu yang tepat untuk bersnokeling adalah saat pagi hari yakni ketika air laut sedang surut.

Pantai Puru Kambera masih sepi pengunjung. Jadi sangat cocok bagi kalian yang mendambakan ketenangan saat berlibur. Namun sayangnya Pantai Puru Kambera belum dikelola oleh pemerintah daerah setempat ataupun pengusaha.

7. Kampung Tarung

Backyardtravel.com
Kampung Adat Tarung, yang berlokasi tak jauh dari Waikabubak, Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), memang punya daya tarik tersendiri. 

Selain karena merupakan salah satu kampung tertua di Sumba Barat, masyarakat yang tinggal di lahan sepanjang satu kilometer ini juga masih menjaga adat istiadat para leluhur.

Di Kampung Tarung sendiri sedikitnya terdapat 100 rumah menara yang dihuni oleh 400 warga. Setiap rumah, diisi oleh tiga generasi. 

Rumah menara sendiri ialah rumah adat khas Sumba Barat yang memiliki filosofi dan fungsi bagi masyarakat Kampung Tarung.

8. Pantai Marosi

Ketahui.com
Tidak ada yang menyangkal jika Pulau Sumba memiliki pesona pantai yang begitu memukau. Baik di Sumba Barat maupun Sumba Timur.

Pulau ini memang dipenuhi dengan pantai-pantai yang menawan dengan topografi berbeda. Jika berbicara tentang Sumba Barat, ada beberapa pantai yang bisa kalian kunjungi. Mulai dari Nihiwatu, Rua, hingga Pantai Marosi yang sudah terkenal akan keindahannya.

Terletak di Kecamatan Lamboya, Pantai Marosi dapat dijangkau dengan jarak 32 kilometer dari pusat Kota Waikabubak. 

Maros menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan di Sumba Barat karena memiliki keanekaragaman biota laut, di samping keindahan panorama yang ditawarkan pantai ini.

Hanya saja belum banyak yang mengekspose keindahan bawah lautnya karena pantai ini dapat dibilang masih perawan. Bahkan, kalian belum bisa menemukan warung makan di sekitar pantai. 

Sehingga disarankan membawa makanan sendiri sebelum datang ke Pantai Marosi.

9. Puru Kambera

Indonesia Sungguh Indah
Puru Kambera, lebih dikenal oleh para pelancong sebagai suatu nama dari sebuah pantai yakni Pantai Puru Kambera di Sumba Timur. 

Terletak sekitar 24 km dari Kota Waingapu, terdapat sebuah padang savana dengan vegetasi khas Sumba lengkap dihiasi dengan sekumpulan kuda di alam liarnya.

Sebenarnya wisata utama di Puru Kambera adalah wisata pantainya yang cukup luas dengan hamparan pasir putihnya yang sangat halus. 

Jarak dari pantai ke padang savana Puru Kambera adalah sekitar 2-3 km. Namun tak hanya keindahan pantainya saja, padang savana yang berada di tengah perjalanan menuju lokasi pantai juga dapat dijadikan sebagai destinasi wisata alternatif bagi kalian yang hendak mengeksplorasi keindahan alam Sumba Timur.

10. Air Terjun Hirumanu

Travel - Tempo.com
Obyek wisata ini terletak di Desa Kananggar, Kecamatan Paberiwai berjarak sekitar 121 Km dari Waingapu. Untuk mencapai lokasi ini, dibutuhkan waktu sekitar 1 jam berjalan kaki dengan kondisi jalan pada kemiringan terjal.

Aktifitas yang dapat dilakukan adalah berfoto dan bermain air. Tidak terdapat akomodasi di sekitar obyek, tamu biasanya menginap di hotel yang terdapat di kota Waingapu.

Untuk kuliner terdapat beberapa warung makan di ibu kota kecamatan (Kananggar), termasuk makanan tradisional. Dan kekurangannya adalah tidak terdapat toko souvenir.


Comments