12 Pesona Keindahan Wisata Kota Bandung yang Wajib Dikunjungi

Kawah putih
Asikterus.com
Sejarah Kota Bandung Lautan Api 

Bandung dikenal dengan sebutan kota Lautan Api. Kamu tentu pernah mendengar lagu yang berjudul “ Halo-halo Bandung” bukan? Itulah salah satu lagu yang mengisahkan kota Bandung yang pernah menjadi lautan api pada masa merebut dan mempertahankan kemerdekaan tanah air Indonesia.

Sejarah kota Bandung yang legendaris selalu dikenal dari masa ke masa. Namun, apakah kamu mengetahui tentang sejarah unik yang terdapat di kota Bandung yang menjadi tempat wisata terpopuler di Indonesia sendiri.

Yuk kita simak pembahasan tentang beberapa wisata kota Bandung di bawah ini!

1. Kawah Putih

Utiket.com
Kawah Putih adalah tempat wisata di Bandung yang paling terkenal. Berlokasi di Ciwidey, Jawa Barat, kurang lebih sekitar 50 KM arah selatan kota Bandung, Kawah Putih adalah sebuah danau yang terbentuk akibat dari letusan Gunung Patuha. 

Sesuai dengan namanya, tanah yang ada di kawasan ini berwarna putih akibat dari pencampuran unsur belerang. 

Selain tanahnya yang berwarna putih, air danau kawasan Kawah Putih juga mempunyai warna yang putih kehijauan dan dapat berubah warna sesuai dengan kadar belerang yang terkandung, suhu, dan cuaca.

Karena telah dikembangkan sebagai kawasan wisata, Kawah Putih mempunyai fasilitas penunjang kenyamanan berwisata yang memadai, seperti area parkir yang luas, musholla dan tempat informasi.

Sedangkan harga tiket masuk Kawah Putih pun juga terbilang terjangkau, tidak ada perbedaan pada hari biasa dan hari libur, sedangkan untuk biaya parkir sendiri sudah ditentukan oleh pihak pengelola wisata.

2. Tangkuban Perahu

Klikhotel.com
Gunung Tangkuban Perahu merupakan sebuah gunung aktif di Bandung Utara, tepatnya di Cikole, Lembang, atau sekitar 20 km dari pusat kota Bandung. 

Letusan terakhir gunung ini tercatat pada tahun 2013 namun meski begitu, gunung ini masih relatif aman untuk dikunjungi.

Beberapa tanda aktifnya gunung ini adalah adanya gas belerang dan juga sumber air panas yang mengalir di kaki gunung, misalnya di Ciater. 

Jika berkunjung ke gunung ini, kalian sangat disarankan membawa masker penutup mulut untuk menghindari bau gas belerang yang tajam.

3. Trans Studio Bandung

Bara Outdoor
Trans Studio Bandung, sebuah indoor theme park terbesar tidak hanya di Indonesia, namun juga terbesar di dunia. Karena berada dalam ruangan, kalian tidak perlu kuatir akan kepanasan atau kehujanan seperti bila kalian pergi ke taman bermain lainnya. 

Namun walau begitu, jangan lupa membawa pakaian ganti karena walau berada dalam ruangan, Trans Studio Bandung juga memiliki wahana permainan air yang akan membuat kalian basah.

Tiket masuk Trans Studio Bandung yang kalian beli berlaku untuk bermain sepuasnya di dalam kawasan Trans Studio Bandung.

Bila kalian tidak ingin mengantri, kalian dapat membeli VIP Access.

 Dengan VIP Access ini, kalian akan mempunyai pintu dan jalur khusus untuk masuk ke wahana permainan, sehingga waktu kalian tidak habis untuk mengantri, sangat berguna pada akhir pekan dan hari-hari libur yang ramai pengunjung.

4. Juanda Forest Park

Indonesia-Tourism.com
Taman Hutan Raya Juanda bisa jadi salah satu tujuan wisata kalian kalau berlibur ke Bandung, terutama kalau kalian memang penyuka wisata alam di Bandung. 

Taman Hutan Raya Juanda dikenal juga dengan nama Tahura Juanda, atau cukup dengan singkatan THR Juanda.

Letak hutan konservasi ini dekat sekali dengan pusat kota Bandung lho. kalian cukup naik ke arah dago pakar, dan akan ketemu langsung dengan gerbangnya.

Taman Hutan Raya ir Juanda cocok sekali buat melepas penat; dekat, mudah di akses, dan udara segar.

5. Museum Pos Indonesia

The TraveLearn
Museum Pos merupakan museum yang ada di sebelah kanan Gedung Kantor Pusat PT Pos Indonesia di Jalan Cilaki 73. Bangunannya ada di sebelah timur Gedung Sate.

Dan Saat ini, Museum pos ini sudah dilengkapi gadget Win Audio tour guide, yang memudahkan pengunjung, untuk merasakan pengalaman berkeliling museum secara fun tanpa mengurangi nilai informasi edukasinya. 

Audio tourguide adalah seperangkat gadget yang memiliki tombol angka, dimana pengunjung dapat mendengarkan informasi audio, hanya dengan menekan angka sesuai dengan posisi objek pamer. 

Saat ini di Museum Pos Indonesia terdapat 50 objek audio guide, dalam bahasa Indonesia dan Inggris. 

Dengan adanya audio guide ini,diharapkan pengunjung semakin mencintai museum, karena informasi audionya sudah di sesuaikan dengan menambah suasana hiburan, fun dan edukatif.

6. Petenggang Lake

place of interest in indonesia - blogger
Danau Situ Patenggang berlokasi tidak jauh dari Kawah Putih Ciwidey, Bandung Selatan. 

Hanya berjarak sekitar 7 KM dari tempat wisata Kawah Putih, Danau Situ Patenggang ramai dikunjungi wisatawan karena pemandangannya yang eksotik. 

Selain menikmati pemandangan danau sambil berpiknik, kalian juga dapat bermain perahu air di Danau Situ Patenggang.

7. Curug Dago

indonesia-tourism.com
Curug Dago adalah sebuah air terjun yang terletak di Kecamatan Coblong, Dago, Bandung. 

Air terjun Curug Dago memang tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 10 meter tingginya, namun air terjun tersembunyi ini sangatlah indah dan menarik untuk dilihat. 

Curug Dago tidak terlalu terkenal di telinga wisatawan, namun tidak ada salahnya mencoba datang ke Curug Dago.

8. Observatorium Bosscha

VOA Indonesia
Observatorium Bosscha adalah sebuah tempat pengamatan bintang yang berlokasi di Lembang, kurang lebih sekitar 15 KM di utara kota Bandung. 

Apabila dahulu Anda pernah menonton film “Petualangan Sherina” maka kalian akan merasa familiar dengan tempat ini, karena Observatorium Bosscha merupakan salah satu lokasi pengambilan gambar film tersebut. 

Apabila kalian ingin berkunjung ke Observatorium Bosscha, kalian harus mendaftar terlebih dahulu, tidak bisa langsung datang dan masuk begitu saja.

9. Kampung Gajah

sky-adventure.com
Kampung Gajah yang terletak di Bandung utara merupakan sebuah kawasan wisata terpadu. Apapun jenis wisata yang kalian inginkan, dapat kalian temukan di Kampung Gajah. 

Mulai dari wisata belanja, wisata kuliner, hingga berbagai jenis permainan air dan darat dapat kalian temukan di Kampung Gajah sehingga kawasan wisata ini sangat cocok untuk keluarga.

10. Air Panas Ciater

RepostaseHarga.com
Air Panas Ciater yang berada di perbatasan Subang adalah salah satu tempat wisata di Bandung dan sekitarnya yang paling ramai dikunjungi wisatawan karena selain berfungsi sebagai sarana rekreasi, Air Panas Ciater juga mempunyai pengaruh kesehatan bagi kalian. 

Terletak sekitar 30 KM di utara kota Bandung, sumber Air Panas Ciater berasal dari sebuah kawah aktif di Gunung Tangkuban Perahu. Berendam di air belerang Ciater sangat cocok bagi kalian yang ingin beristirahat sejenak.

11. Museum Geologi Bandung

Sebandung.com
Museum Geologi Bandung adalah sebuah museum yang berlokasi di Jalan Diponegoro, dekat dengan Gedung Sate. 

Seperti selayaknya sebuah museum, Museum Geologi Bandung adalah sumber ilmu yang cocok untuk anak-anak. 

Selain sebagai sumber ilmu, Museum Geologi Bandung juga sangat menyenangkan bagi anak-anak karena di sini mereka dapat melihat fosil dinosaurus. 

Untuk masuk ke Museum Geologi Bandung kalian tidak perlu membayar mahal.

12. Kebun Strawberry Ciwidey

endowment.kazguu.kz
Kebun Strawberry Ciwidey adalah tempat di mana kalian dapat melihat dan berjalan-jalan di kebun strawberry. 

Selain itu kalian juga dapat memetik buah strawberry sendiri. Strawberry yang telah kalian petik itu kemudian akan ditimbang dan kalian harus membayar sesuai dengan berat strawberry yang telah kalian petik. 

Saran saya datanglah pada musim kemarau karena kualitas strawberry lebih bagus dari pada saat musim hujan.

Comments